10 penyakit ibadah akibat terlalu banyak makan

Imam ghozali berkata : aku berpikir kemudian aku menemukan 10 penyakit ibadah yang menjadi pokok dari perkara ibadah,yaitu:

  1. makan banyak itu menjadikan kerasnya hati dan menghilangkan nur(cahaya)nya hati.Rasulullah SAW bersabda:kamu semua jangan membunuh hati kalian dengan banyaknya makan dan minum,karena hati kalian bisa mati.

  2. banyaknya makan itu menjadikan fitnah kepada anggota badan dan bisa mengajak anggota tubuh untuk melakukan fudhul(perkara yang tidak bermanfaat).ustadz abu ja`far berkata:perut itu satu anggota yang jika lapar,semua anggota badan kenyang,dalam arti diam.jadi tidak mengajak apa-apa kepadamu.dan jika perut itu kenyang,semua anggota badan lapar.ringkasnya semua perbuatan orang itu tergantung makanan  & minumanya.jika barang haram yang masuk kedalam perut,perbuatan dan ucapanya haram yang akn keluar.jika yang masuk kedalam perut itu terlalu berlebihan,akan keluar perbuatan dan ucapan yang tidak baik.

  3. makan banyak itu menjadikan kurangnya pengertian.karena kenyangya perut itu menghilangkan cerdasnya pikiran.beliau syech abu sulaiman addaroni rahimallah berkata:jika engkau mempunyai suatu hajat,baik dunia maupun akhirat,jangan makan sebelum hasil hajatmu,karena makan itu dapat merubah akal.

  4. makan banyak itu mengurangi ibadah.karena jika seseorang itu banyak makanya,berat badanya,matanya mengantuk,anggota tubuhnya kendur,jadi tidak bisa hasil apa-apa olehnya walaupun sungguh-sungguh,kecuali tidur.diceritakan dari nabi yahya bin zakariyya AS:iblis itupernah muncul kepada beliau(nabi yahya bin zakariyya)dengan membawa tali untuk menjerat.kemudian nabi yahya bertanya:wahai iblis,apa itu?iblis menjawab:ini syahwat(kesenangan nafsu)yang ku gunakan untuk menjerat anak adam.nabi yahya  bertanya lagi:apa aku ini engkau masukan kedalam jeratan itu?iblis menjawab:tidak,tapi engkau pernah makan kenyang pada suatu malam,kemudian aku beratkan sehingga meninggalkan sholat.nabi yahya berkata:aku tidak akn makn kenyang selamanya.iblis berkata:wallahi,aku tidak akn berkata baik selamanya.

  5. makan banyak itu dapat menghilangkan rasa manisnya ibadah.Abu bakar As-sidiq radiyallahu anhu berkata:sejak aku masuk islam,aku tak pernah makn kenyang,agar supaya aku dapat merasakan manisnya ibadah kepada tuhanku.nabi muhammad bersabda:Abu bakar As-sidiq tidaklah melebihi dari kamu semua sebab puasa atau sholatnya,tetapi yang menjadi sebabnya Abu bakar melebihi kamu semua yaitu nur yang diletakkan dihatinya.

  6. makan banyak itu mengkhawatirkan jatuh kedalam perkara haram atau syubhat.nabi Muhammad saw bersabda:makanan halal itu datangnya hanya sebagai kekuatanya tubuhmu,jika barang haram itu datangnya kepadamu secara bersamaan(banyak)

  7. makan kenyang itu membuat hati & badan kita sibuk dengan menghasilkan dan menyediakan kemudian makan,lalu mengeluarkan tubuh dari makan(BAB),kemudian selamat dari makanan.seumpama timbul penyakit,ada pada badan.Rasulullah bersabda:semua penyakit itu asalnya dari kekenyangan,yang jadi pokoknya obat yaitu lapar dan tara`(memelihara tubuh)

  8. kesusahan di akhirat & parahnya sakaratul maut.diceritakan dalam hadits,jika parahnya sakaratul maut itu tergantung oleh merasakan enak-enak di dunia.jadi siapa-siapa yang memperbanyak enak-enak didunia,akan banyak sakitnya disaat sakaratul maut

  9. kurangnya pahala di akhirat.Allah ta`ala berfirman dalam Al-Qur`an yang artnya:kamu semua sudah mengganti keniqmatan-keniqmatan kalian diwaktu hidup kalian didunia dan sudah senang-senang di dunia,sekarang kamu semua di balas siksa hina sebab kamu semua sombong dibumi tanpa haq,dan sebab kamu semua fasiq.

  10. ditahan dan dihisab,di hina dan dilecehkan,karena meninggalkan tatakrama  dalam perkara berlebihan dan mencari apa-apa yang menjadi kesenangan nafsu.karena dunia(harta)yang halal akan dihisab ,yang haram membawa siksa,perhiasan pasti rusak.

About ANNAS AL KHASANUL WAJHI

SANTRI MIFTAHUL `ULUM NGAWEN,hamba yang tak butuh pujian,tak pedulikan cacian

Posted on Oktober 31, 2012, in Bahan perenungan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Thobiby Qolby

Wahai yang jauh dariku dan tempatnya di lubuk hati yang terdalam

Elang Indigo

،،السلام عليكم ورحمة الله وبركاته،، My Friends,nothing freedom in this world because true free in your spirit!

Sholawat

bershalawatlah kalian kepada Nabi Muhammad

AL MUQTASHIDAH LANGITAN

Memasyarakatkan Sholawat Dan Mensholawatkan Masyarakat

Salam Semangat

"Maha Suci Engkau ya Tuhanku, tiadalah daku mengetahui apa pun, kecuali yang telah Engkau ajarkan kepadaku. Robbana, jadikan ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku ini bermanfaat. Dan tambahkan ilmu yang bermanfaat kepadaku".

Tarekat Qodiriyah

Jalan Keselamatan Menuju Kepada Allah Swt

Newbie Tora

Takkan ada perubahan tanpa ada perbuatan

ponpes Al-Fithrah GP

Ibadah dalam hidmah - hidmah dalam ibadaH

Cahaya Qur'ani

Hidup Damai Bersama Al-Quran

Laki-laki Biasa

kumpulan berbagai macam artikel, renungan dan kata-kata bijak

Bacalah!

Membuka Pikiran Anda

Pengemban Amanah Sang Pencipta

“Setiap ilmu seseorang bertambah, maka bertambah pula seseorang mengenal kebodohannya" By : Dedi Sujatmo

MEMBANGUN KHAZANAH ILMU DAN PENDIDIKAN

Belajar itu adalah perobahan .......

Ilmu Langit .wordpress

Sharing hakikat

Jaman Semana

Sapa Wani Karo Aku, Wong Aku Ora Wani Karo Sapa-sapa

Ashabul firdaus's Blog

Buka Hati Meniti Hari

"Bisa Karena Terbiasa"

Katakanlah: "Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

FITRIA KURNIAWAN (ABU FAHD)

Agen Herbal, Adventure, Dakwah, Kisah, dll

FURQON BLOG

Pencari Debu-debu Kebenaran

%d blogger menyukai ini: